Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Godok Paket Ekonomi, Pemerintah Akan Gandeng Pelaku Usaha

Kompas.com - 29/08/2015, 20:38 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah saat ini tengah menggodok paket kebijakan untuk menstabilkan kondisi perekonomian. Dalam proses tersebut, pemerintah berencana menggandeng pelaku usaha.

"Dalam hal ini pelaku usaha akan kita libatkan, dan Pak Presiden sudah beberapa kali mendengarkan keluhan pelaku usaha," kata Staf Ahli Menteri Keuangan Arif Budimanta saat diskusi bertajuk Paket Mujarab Anti Lesu di Jakarta, Sabtu (29/8/2015).

Dalam pembahasan ini, fokus paket kebijakan yang akan disusun mempertimbangkan tiga hal yakni moneter, fiskal dan sektor riil. Penyusunan ini akan dilakukan sedemikian rupa agar Indonesia terhindar dari siklus pelemahan yang terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun sekali.

"Ekonomi yang kita harapkan ke depan, sektor riil dapat menggerakkan ekonomi, konsumsi, investasi dan membangun positivisme neraca perdagangan," ujarnya.

Lebih jauh, ia menambahkan, pemerintah dan pelaku usaha akan mengkaji proses perizinan usaha yang lebih baik. Sehingga, para pelaku usaha tidak akan merasa kesulitan dalam menanamkan modalnya di dalam negeri.

"Perizinan kebijakan yang satu atap. Masih banyak keluhan dan ini akan kita pastikan karena menyangkut koordinasi antar lembaga," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com