Rizal Ramli: Krisis Itu Momentum untuk Berubah Menjadi Lebih Hebat

Kompas.com - 31/08/2015, 13:13 WIB
Menko Kemaritiman Rizal Ramli KOMPAS.com/Abba GabrillinMenko Kemaritiman Rizal Ramli
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli meyakini, dalam kondisi ekonomi sudah krisis, masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri. Sayangnya kata dia, banyak pemimpin yang justru tenggelam ditelan kritis.

"Krisis itu momentum untuk mengubah, untuk menjadi lebih hebat. Tapi kebanyakan pemimpin tenggelam bersama krisis," ujar Rizal saat memberikan kuliah umum di Universitas Mercu Buana, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu memberikan contoh pemimpin yang berhasil membawa bangsanya keluar dari krisis yaitu Presiden Amerika Serikat Franklin Roosevelt. Menurut Rizal, Roosevelt mampu membawa AS keluar dari krisis padahal saat itu sekitar 1930-an, AS sedang mengalami krisis ekonomi yang dasyat.

"Saat itu pengangguran banyak sekali tapi dia ubah itu ekonomi Amerika. Saat itu negara yang paling hebat Jerman, Prancis, dan Inggris. Tapi Roosevelt balikan itu dan kalah itu ketiga negara," kata dia.

Rizal ingin Indonesia juga seperti AS pada tahun 1930-an yang bisa bangkit dari krisis ekonomi saat itu. Caranya ucap dia, para pemimpin harus mengambil suatu kebijakan yang berani dengan inisiatif yang tidak normatif.

"Karena masalah Indonesia ini sudah pabeulit kata orang sunda. Sudah ribet. Jadi harus menggunakan pendekatan yang out of the box, yang tidak biasa," ucap Rizal.

baca juga: Drajad Wibowo: Pemerintah Jangan Malu Belajar dari India

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X