Cadangan Devisa Indonesia Per Akhir Agustus 105,34 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 07/09/2015, 19:07 WIB
ilustrasi SHUTTERSTOCKilustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Cadangan devisa Indonesia per akhir Agustus 2015 sebesar 105,34 miliar dollar AS atau turun sebesar 2,21 miliar dollar AS.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara menyatakan, penurunan cadangan devisa tersebut disebabkan oleh peningkatan pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah. Pengurangan cadangan itu juga terjadi karena dana digunakan dalam rangka stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya.

"Hal tersebut sejalan dengan komitmen BI yang telah dan akan terus berada di pasar untuk melakukan upaya stabilisasi nilai tukar rupiah guna mendukung terjaganya stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," kata Tirta dalam keterangan resmi, Senin (7/9/2015).

Sementara itu, kata Tirta, kenaikan penerimaan devisa, yang terutama bersumber dari penerbitan Samurai Bonds pemerintah sebesar 100 miliar yen, mampu menahan penurunan lebih lanjut.

Menurut Tirta, posisi cadangan devisa per akhir Agustus 2015 masih cukup membiayai 7,1 bulan impor atau 6,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Adapun cadangan devisa berada di atas standar kecukupan internasional untuk selama sekitar 3 bulan impor.

BI juga menilai bahwa cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan. (Adinda Ade Mustami)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.