Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Luncurkan Tabungan untuk Pelajar, Simpel

Kompas.com - 08/09/2015, 14:44 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan nasional meluncurkan produk tabungan yang diberi nama Simpanan Pelajar (Simpel/Simpel iB).

Menyasar peserta didik mulai dari jenjang PAUD/Raudatul Athfal (RA) hingga SMA/Madrasah Aliyah (MA) dan Pondok Pesantren, produk tabungan ini merupakan salah satu upaya OJK untuk membangkitkan kembali budaya menabung sejak dini bagi pelajar.

“Budaya menabung penting dimulai sejak dini agar dapat mendidik anak untuk mampu mengendalikan diri dalam bersikap konsumtif serta belajar untuk dapat membelanjakan uang yang dimilikinya secara bijak,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad dalam keterangan resminya, Selasa (8/9/2015).

Menurutnya, produk tabungan Simpel/Simpel iB ini diarahkan untuk menjadi tabungan dengan persyaratan yang mudah dan sederhana serta fitur yang menarik.

Peluncuran SImpel/Simpel iB ini dipusatkan di SMAN 68 dengan diikuti oleh delapan bank umum konvensional (Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, Bank Permata, Bank Jabar-Banten dan Bank Jatim) serta enam bank umum syariah (Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, BCA Syariah, dan Panin Syariah).

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi Keuangan yang dilakukan pada tahun 2013 kepada 8.000 responden, tingkat inklusi keuangan kelompok siswa baru mencapai 44 persen.

Selain itu secara statistik, jumlah pelajar SD, SMP, dan SMA dibanding total populasi Indonesia menunjukkan angka yang signifikan yaitu 20 persen dengan rincian sekitar 38,8 juta siswa di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan sekitar 11 juta siswa di bawah Kementrian Agama (Kemenag).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com