Penting, Pembangunan Infrastruktur di Sektor Maritim

Kompas.com - 08/09/2015, 19:49 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur di sektor maritim menjadi hal penting untuk mencapai pembangunan nasional merata di seluruh Indonesia. Kepala Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Puslit Ekonomi LIPI) Agus Eko Nugroho mengatakan hal itu di Pontianak, Kalimantan Barat, pada Selasa (8/9/2015).

Menurut Agus, industri maritim merupakan industri strategis di Indonesia. Pasalnya,  posisi industri maritim menentukan dalam jaringan distribusi barang dan jasa di Indonesia baik untuk arus barang dari dan ke luar negeri, maupun arus barang di dalam negeri. “Tingkat pembangunan di industri maritim menentukan tingkat efisiensi ekonomi di Indonesia,” kata Agus.

Sementara itu, peneliti Puslit Ekonomi LIPI Zamroni Salim mengatakan, saat ini biaya logistik di Indonesia masih cukup tinggi. Hal itu menunjukkan bahwa sektor logistik tidak efisien. Implikasi dari tingginya biaya logistik adalah tidak kompetitifnya perekonomian. "Tentu saja produk dan jasa yang dihasikan menjadi tidak kompetitif,” ungkap Zamroni.

Saat ini, lanjut Zamroni, Indonesia mulai membangun industri maritim. Tapi, kenyataan menunjukkan dana pemerintah masih terbatas. Sementara, sektor swasta masih kurang berminat. Padahal, Indonesia ingin menjadi poros maritim dunia, pungkas Zamroni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.