Jokowi Minta Bank Ajak Pengusaha Cairkan Dollar di Indonesia

Kompas.com - 09/09/2015, 12:44 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorSandro Gatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perbankan turut serta dalam mengatasi melemahnya nilai tukar rupiah yang terjadi saat ini. Sejumlah langkah perlu dilakukan perbankan, termasuk mengajak nasabahnya untuk menyimpan dollar AS di dalam negeri dan menggunakan rupiah dalam setiap transaksi.

Imbauan ini disampaikan Jokowi setelah mendengarkan keluhan para pengusaha yang selama ini diajaknya berdiskusi soal situasi ekonomi terkini.

Presiden mengaku sempat mengajak para pengusaha itu untuk lebih mencairkan uang dollarnya di dalam negeri. Namun, para pengusaha itu rupanya masih takut dengan perbankan. (baca: Presiden Minta Pertamina Kurangi Penggunaan Dollar AS)

"Takutnya kalau nggak ditambah kreditnya, kan takut. Makanya saya minta pada direksi perbankan agar mengajak nasabahnya, meminta nasabahnya, untuk melakukan beberapa hal ini," ujar Jokowi saat membuka Indonesia Banking Expo di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Pertama, sebut Jokowi, para direksi perbankan diminta mengajak nasabahnya untuk selalu menggunakan rupiah dalam setiap transaksi. Hal ini diperlukan untuk menstabilkan nilai rupiah. (baca: Paket Kebijakan Ekonomi Akan Diumumkan, Rupiah Menguat)

"Kedua, hasil ekspor perlu dicairkan di dalam negeri. Artinya dollarnya dijual dalam rupiahnya di sini, tidak di sana (di luar negeri), karena ada yang cairkan di sana. Jadi tolong agar diminta dicairkan di Indonesia. Ini penting sekali karena pemerintah sedang perlu dollar," ungkap Jokowi.

Selain itu, perbankan juga diharapkan bisa membujuk para pengusaha untuk menyimpan dollar di perbankan dalam negeri.

"Ini kan yang bisa meminta seperti itu justru direksi perbankan, bukan siapa-siapa," ucap Jokowi.

"Ketiga, juga agar pengusaha itu diajak untuk tertib dalam membayar pajak. Kok diem? Kan memang kewajiban kita untuk membayar pajak," kata Jokowi.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X