Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi Serapan Kementerian di Bawah Kemenko Kemaritiman Masih Rendah

Kompas.com - 09/09/2015, 13:52 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski berulang kali Rizal Ramli mengaku akan menindak bawahannya yang kerja lambat, namun nyatanya realisasi penyerapan anggaran di sejumlah kementerian yang berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman masih sangat rendah.

Hal tersebut diketahui dari paparan Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro dalam rapat Badan Anggaran DPR RI, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

"Realisasi penyerapan anggaran di kementerian di bawah Kemenko Kemaritiman per 31 Agustus 2015 baru mencapai Rp 15,5 triliun atau 16,6 persen dari pagi anggaran dalam APBN Perubahan 2015 yang sebesar Rp 93,6 triliun," kata Bambang.

Sementara itu, pagu anggaran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dalam Rancangan Undang-undang APBN 2016 diusulkan sebesar Rp 80,75 triliun. "Pagu yang diusulkan ini adalah yang terkecil dari semua Kemenko," ucap Bambang.

Adapun rincian usulannya yakni Kementerian Perhubungan sebesar Rp 50,2 triliun, Kementerian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp 15,8 triliun, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sebesar Rp 8,9 triliun, dan Kementerian Pariwisata sebesar Rp 5,6 triliun.

Sedangkan Kemenko Kemaritiman sendiri diusulkan dapat alokasi anggaran sebesar Rp 250 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com