Kurangi Pembelian dari Asing, Transaksi BBM Adaro Makin Gemuk ke Pertamina

Kompas.com - 11/09/2015, 11:10 WIB
Pengisian bahan bakar minyak ke tangki truk di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta, Jumat (28/12/2012). KOMPAS/HERU SRI KUMOROPengisian bahan bakar minyak ke tangki truk di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta, Jumat (28/12/2012).
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Thohir mengatakan, dalam kondisi ekonomi dunia kurang menentu seperti saat ini, kerjasama antara sektor privat dan BUMN sangat membantu. Hal tersebut dia lakukan sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo dalam kesempatan pertemuan dengan pelaku usaha pada pelaku usaha. Jokowi menghimbau agar pelaku usaha dan BUMN bisa saling bersatu dan berikan kontribusi kepada perekonomian negara.

"Saya itung-itung, yang tadinya kita beli dari asing fuel sebesar 330 juta-340 juta dollar AS per tahun, sekarang kita beli dari saudara tua, Pertamina. Dan transaksinya ini di dalam negeri. Ini kita sama dengan kita sudah membantu pemerintah," kata dia di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (11/9/2015).

Garibaldi berharap kerjasama antar privat dan BUMN bisa semakin banyak. Dia pun berharap setelah Pertamina, makin banyak perusahaan BUMN dan swasta nasional termasuk Adaro yang bisa terdaftar dalam Fortune 500.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang menuturkan, hari ini disepakati dua kerjasama dengan Adaro, yakni Fuel Supply Agreement dan Fuel Facilities Agreement.

"Suplai BBM (biosolar) Pertamina ke Adaro minimal 550.000 kiloliter per tahun," kata Ahmad.

Tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan Adaro, kerjasama tersebut juga akan memberikan manfaat kepada Pertamina untuk menjangkau konsumen kawasan Timur Indonesia.

"Bagi Pertamina, kenapa Adaro menang bersaing? Karena dia terintegrasi, bukan cuma suplai," kata Ahmad.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X