Kompas.com - 14/09/2015, 10:54 WIB
Kepala BPS Suryamin di kantor BPS Jakarta, Rabu (1/7/2015). Dok KementanKepala BPS Suryamin di kantor BPS Jakarta, Rabu (1/7/2015).
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) menyiapkan sensus ekonomi 2016. Kepala BPS Suryamin menuturkan sensus ekonomi tahun depan adalah sensus ekonomi keempat yang dilaksanakan BPS sejak 1986.

"Sensus ekonomi pertama digelar 1986, kedua dilaksanakan pada 1996, ketiga tahun 2006 lalu, dan keempat akan dilaksanakan 2016," kata Suryamin, di Jakarta, Senin (14/9/2015).

Suryamin menerangkan, sensus ekonomi merupakan sarana memperoleh informasi atau sebagai potret perekonomian bangsa, di luar sektor pertanian. Ada 19 sektor yang akan didata dalam sensus ekonomi 2016. Sektor yang akan didata diantaranya pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, konstruksi, perdagangan, transportasi dan pergudangan, jasa keuangan dan asuransi, sampai kegiatan badan dan organisasi internasional.

"Saya yakin pada tahun ini muncul sektor baru. Dengan menggunakan IT aja ada sektor baru, misalnya Go-jek (layanan ojek berbasis aplikasi)," kata Suryamin.

Suryamin menambahkan, sensus ekonomi 2016 merupakan sensus ekonomi yang paling kompleks. Pertama, cakupan yang lebih besar dan detil dibandingkan sensus ekonomi sebelumnya. Kedua, responden yang disensus lebih bervariasi.

"Dan menurut catatan BPS, respondennya pebisnis. Maka lebih susah kita dekati ketimbang rumah tangga," ucap Suryamin.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.