Memasuki September, Harga Bahan Pokok Terus Turun

Kompas.com - 14/09/2015, 15:17 WIB
Pedagang daging melayani pembeli di Pasar Senen, Jakarta, Senin (15/6/2015). KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESPedagang daging melayani pembeli di Pasar Senen, Jakarta, Senin (15/6/2015).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Penurunan harga bahan kebutuhan pokok terus terjadi, kendati sudah lewat sebulan lebih dari Lebaran, saat permintaan masyarakat mencapai puncak.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, setidaknya ada 10 komoditas pangan yang masih mengalami penurunan harga dalam dua pekan pertama September ini. "Komoditas yang harganya turun di antaranya daging ayam, daging sapi, susu kental manis, cabai rawit, bawang merah, gas, serta lainnya," kata Kepala BPS Suryamin di Jakarta, Senin (14/9/2015).

Suryamin memaparkan, dalam dua pekan pertama September 2015, harga daging ayam telah turun 8,04 persen. Sementara itu, harga daging sapi turun 1,55 persen. Adapun harga minyak goreng juga turun 1,55 persen, dan susu kental manis turun 0,26 persen.

Penurunan harga cabai-cabaian cukup dalam. Harga cabai rawit melorot 4,23 persen, sedangkan cabai merah sampai 9,08 persen. Sementara itu, harga bawang merah anjlok hingga 12,31 persen. Suryamin juga menuturkan, penurunan harga terjadi pada komoditas gula pasir yang turun 1,16 persen.

"Harga tepung terigu turun 0,49 persen, dan gas elpiji tabung 3 kilogram turun 0,18 persen, sementara tabung 12 kilogram turun 0,01 persen," ujar Suryamin.

Deputi Statistik, Distribusi, dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo menyampaikan, penurunan harga disebabkan berkurangnya permintaan masyarakat seusai Lebaran. Konsumsi tinggi pada saat Lebaran sudah terlewati sehingga harga-harga bahan kebutuhan pokok menyesuaikan permintaan.

Akan tetapi, pada dua pekan pertama September ini, ada pula bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, antara lain beras, bawang putih, tempe, telur ayam ras, ikan bandeng, ikan kembung, dan emas perhiasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X