Darmin: The Fed Naikkan Suku Bunga, Spekulasi terhadap Rupiah Mereda

Kompas.com - 17/09/2015, 16:26 WIB
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com -Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution menegaskan bahwa rencana The Fed untuk menaikkan suku bunga akan menyelesaikan spekulasi nilai tukar rupiah.

"Ekonomi kita itu, nilai tukar kita sudah terlalu tinggi dari fundamentalnya. Karena spekulasi menunggu ini terus. Buat Indonesia sebenarnya, lebih baik lakukan lah," ujar Darmin ketika ditemui di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Menurut Darmin, suku bunga AS lebih baik segera dinaikkan untuk menyelesaikan spekulasi yang ada.

Namun, Darmin menegaskan, dampak kenaikkan suku bunga AS juga tidak bisa dibilang positif tapi kalau memang dinaikkan akan menciptakan kesempatan.

"Kalau dinaikkan akan tercipta kesempatan semua adjustment (penyesuaian) berjalan kembali, sehingga nilai tukar kita, tekanan spekulasi kita jadinya mereda sehingga nilai tukar kita bergerak ke fundamentalnya. Kira-kira begitu," kata Darmin.

Mengenai kekhawatiran akan lebih banyak investasi yang mengalir ke AS jika ada kenaikan suku bunga, Darmin menjelaskan bahwa hal tersebut sudah terjadi dari beberapa bulan yang lalu.

"Mungkin masih ada yang terjadi lagi, tapi tidak akan besar. Jadi jangan dianggap ini sebagai sebuah momok karena orang sudah memprediksi ini sejak sebulan, dua bulan ini," tambah Darmin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.