Menteri Amran Girang 6 Juta Anak Ayam Dimusnahkan

Kompas.com - 21/09/2015, 16:50 WIB
Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman usai rapat koordinasi tentang antisipasi dampak El Nino, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/8/2015). ESTU SURYOWATI/Kompas.comMenteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman usai rapat koordinasi tentang antisipasi dampak El Nino, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/8/2015).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman girang lantaran harga ayam di tingkat penjual eceran naik Rp 500 hingga Rp 1.000 per kilogram (kg).

"Ini haris jaga keseimbangan. Karena kalau naik terlalu tinggi, konsumen berteriak. Kalau murah, produsen berteriak," kata Amran di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (21/9/2015).

Amran mengatakan, beberapa pekan terakhir harga ayam di pasaran anjlok. Harga ayam di tingkat peternak hanya Rp 9.000 sampai Rp 11.000 per kg. Guna mengatasi masalah tersebut, Kementerian Pertanian telah bertemu dengan pelaku usaha, yakni para peternak ayam.

"Ada 15 perusahaan yang besar, sudah setuju mengurangi DOC (Day Old Chicks) 6 juta," kata Amran.

Menurut Amran, pengurangan bibit ayam ini sudah cukup membuat stabil antara pasokan-permintaan. Oleh karena itu, rencana ekspor bibit ayam ke Jepang, dikaji kembali.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, Senin, harga rata-rata daging ayam broiler nasional yaitu Rp 29.040 per kg.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X