Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rini Soemarno: CFO BUMN Harus Bisa Jaga Aset Perusahaan

Kompas.com - 22/09/2015, 23:19 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno meminta kepada para direktur keuangan (Chief Finance Officer/CFO) perusahaan pelat merah untuk bisa menjaga aset-aset perusahaan.

“Saya ingin tekankan CFO harus jaga aset perusahaan. Tapi aset perusahaan bukan hanya uang, fisik gedung, proyek. Tapi yang paling utamanya adalah people,” kata Rini dalam CFO BUMN Forum, yang digelar di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Rini menyampaikan, para CFO BUMN harus bisa menjaga sumber daya manusia (SDM) di perusahaannya agar bisa berkontribusi secara optimal. Menurut Rini, tugas untuk menjaga SDM perusahaan tidak hanya menjadi beban Direktur SDM saja.

Para CFO diharapkan memberikan perhatian pada SDM, dengan memberikan anggaran untuk pengembangan. Lebih dari itu, kesejahteraan karyawan perusahaan juga menjadi tanggungjawab para CFO BUMN.

“Bagaimana mereka enggak pikir ‘Oh anak saya harus sekolah. Saya harus sewa rumah, rusun’,” kata Rini.

Atas dasar itu pula, Rini meminta kepada direksi BUMN untuk membuat program yang bisa memberikan perbaikan kepada perusahaan. “Mohon kepada CFO, buat program kepada seluruh karyawan bagaimana memberikan kesejahteraan kepada karyawan BUMN. Ini titipan saya supaya kita bisa maju lagi,” tukas Rini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com