Indonesia Eximbank Raih Pinjaman 500 Juta Dollar AS dari Bank China

Kompas.com - 23/09/2015, 12:03 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan ekspor, Indonesia Eximbank, memperoleh fasilitas pinjaman sebesar 500 juta dollar AS dari bank asal China, yakni ICBC Indonesia dan ICBC Asia.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/9/2015), fasilitas ini merupakan realisasi tahap awal dari nota kesepakatan pemberian fasilitas kredit senilai 20 miliar dollar AS yang telah ditandatangani oleh Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian BUMN, dengan ICBC Ltd yang merupakan induk dari ICBC Asia dan ICBC Indonesia.

"Dengan tercapainya kesepakatan perjanjian pinjaman ini, ICBC Indonesia kembali menegaskan komitmennya sebagai jembatan finansial antara Indonesia dan China,” ujar Presiden Direktur ICBC Indonesia, Shen Xiaoqi.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Ngalim Sawega menuturkan fasilitas pinjaman yang diperoleh ini merupakan bentuk kepercayaan dari lembaga keuangan internasional kepada Indonesia Eximbank. "Tentunya kerjasama ini akan dilanjutkan di masa mendatang," ujar Ngalim Sawega.

Direktur ICBC Indonesia, Jeff S.V. Eman menyatakan seiring dengan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Tiongkok yang kian erat, pemberian kredit di masa yang akan datang dapat juga dalam bentuk mata uang Renminbi (RMB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.