Kompas.com - 25/09/2015, 10:00 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Thomas (Tom) Lembong, Jumat (25/9/2015) ini, secara simbolis menyerahkan hewan kurban berupa 36 ekor sapi dan 3 ekor kambing dari karyawan eselon I, II, dan III, bahkan karyawan honorer kepada masyarakat kurang mampu, serta sebagian ke yayasan.

Dalam sambutannya, Tom menyampaikan, ritual kurban merupakan bukti ketaatan umat Nabi Muhammad pada ajaran Islam. Kurban menjadi peringatan dari bentuk ketaatan Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengorbankan putra kesayangannya, Ismail. "Karena ketaatannya maka diganti sama Allah dengan domba," kata Tom. 

Mengambil hikmah dari peringatan ini, Tom mengatakan, dalam kondisi perekonomian yang memprihatinkan seperti sekarang, para pejabat dan abdi negara juga harus mengorbankan egonya. "Yang harus kita korbankan adalah ego. Ego ini harus dipotong," ucap Tom. 

Tom juga menyampaikan, hal tersebut merupakan kewajiban pemerintah. Sebab, kata dia, apabila pemerintah enggan mengorbankan egonya, maka yang akan menjadi korban adalah masyarakat banyak.

Proses serah terima hewan kurban dilaksanakan di halaman Kantor Kementerian Perdagangan. Sejumlah pejabat hadir, di antaranya Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Srie Agustina dan Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Karyanto Suprih.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.