Capai Swasembada, Jokowi Rencanakan Lumbung Padi di Luar Jawa

Kompas.com - 03/10/2015, 14:58 WIB
Jokowi menemui salah satu petani, Sabtu (3/10/2015). KOMPAS.COM/M WismabrataJokowi menemui salah satu petani, Sabtu (3/10/2015).
|
EditorErlangga Djumena
SUKOHARJO, KOMPAS.com - Presdien  Joko Widodo berencana membuat beberapa daerah di luar Pulau Jawa menjadi lumbung padi. Rencana itu seiring dengan pembangunan waduk dan irigasi di beberapa daerah.

Hal itu disampaikan Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Sukoharjo, Jawa Tengah pada hari Sabtu (3/10/2015).

"Sementara ini lumbung padi memang di Jawa, di Sulawesi juga besar dan diharapkan bisa menjadi lumbung baru. Di Provinsi Aceh sedang dibangun waduk dan sistem irigasi sebagai sarana untuk menunjang produksi pangan," kata Jokowi.

Di Sukoharjo, Jokowi didampingi Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengecek hasil varietas padi baru dan penggunaan pupuk mikrobia "Beka dan Pomi".

Jokowi menyebutkan di Nusa Tenggara Timur juga saat ini dibangun tujuh waduk untuk membuka lahan baru.

Jokowi pun sempat meminta wartawan untuk bertanya kepada Amran Sulaiman, kapan Indonesia akan ekspor beras. "Coba saja sekarang tanya ke pak menteri, kapan ekspornya," katanya disambut tawa tamu undangan dan wartawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.