BKPM: 16 Perusahaan Masuk ke Sektor Padat Karya

Kompas.com - 05/10/2015, 14:39 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah meluncurkan program investasi padat karya dinilai akan mendorong terciptanya lapangan kerja baru ditengah maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di tanah air.

Deputi Bidang Pengendalian Pelakasanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis mengungkapkan, ada 16 perusahaan yang bakal masuk dalam sektor padat karya di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Azhar memperkirakan, 16 perusahaan ini mampu menyerap tenaga kerja hingga 121.285 orang dalam kurun waktu lima tahun. Dengan rincian, penyerapan 73.885 tenaga kerja pada 2015-2016, dan 47.400 tenaga kerja pada kurun waktu 2017-2019.

"Hampir seluruhnya berorientasi ekspor," ujar Azhar dalam kunjungan BKPM bersama Presiden RI Joko Widodo ke Balaraja, Tangerang, Senin (5/10/2015).

Saat ini, ke-16 perusahaan itu sedang dalam tahap konstruksi yang tediri dari 11 PMA dan lima perusahaan PMDN dengan total investasi mencapai Rp 18,9 triliun. Adapun total ekspor diperkirakan mencapai US$ 1,3 miliar. (David Oliver Purba)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.