Kompas.com - 12/10/2015, 10:54 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah pada siang hari ini, Senin (12/10/2015), melemah tipis terhadap dollar AS.

Sebagaimana dikutip dari Bloomberg, rupiah diperdagangkan di kisaran Rp 13.425 per dollar AS atau melemah tipis sebesar 0,1 persen.

Sementara itu, mengutip Antara, Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebutkan, pernyataan Wakil Ketua Bank Sentral AS Stanley Fischer yang masih melihat adanya peluang kenaikan suku bunga pada tahun ini menjadi salah satu sentimen yang mendorong dollar AS kembali bergerak menguat.

Ia menambahkan, pelaku pasar saat ini juga sedang menanti pidato dari pejabat Federal Reserve lainnya, yakni Dennis Lockhart dan Charles Evans. Jika keduanya memberikan pernyataan yang mendukung kenaikan suku bunga pada tahun ini, hal itu kemungkinan dapat menggairahkan kembali mata uang dollar AS.

"Para pembuat kebijakan Federal Reserve AS masih mungkin untuk menaikkan suku bunga pada tahun ini. Namun, itu dapat berubah jika ekonomi global yang masih melambat berdampak pada ekonomi AS," katanya.

Sementara itu, ekonom Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, mengatakan bahwa faktor internal yang cukup positif masih menjaga fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Pada pekan ini, pelaku pasar uang di dalam negeri sedang menanti data neraca perdagangan yang diperkirakan kembali mencatatkan surplus.

"Sentimen dollar AS masih melemah di pasar global. Situasi itu membuat nilai tukar rupiah kembali berpeluang menguat terhadap dollar AS, apalagi sentimen internal masih terbilang positif," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X