Selama Layanan Kilat Izin Investasi, Notaris Akan Berkantor di BKPM

Kompas.com - 12/10/2015, 14:27 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus melakukan persiapkan pemberlakukan perizinan kilat investasi hanya tiga jam saja. Salah satu yang disiapkan yaitu notaris yang berkantor di Gedung BKPM.

Menurut Kepala BKPM Franky Sibarani, sejak pemberitahuan di media massa, pada laman BKPM dan laman Kementerian Hukum dan HAM, tercatat 30-an notaris telah menyampaikan minat mereka ke BKPM. Dari 30-an notaris itu, sudah ada dua yang telah lolos seleksi. “Jadi per tanggal 20 Oktober 2015, dua notaris yang lolos seleksi administrasi dan wawancara dan menduduki dua teratas akan mulai berkantor di BKPM," ujar Franky di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal BKPM Lestari Indah mengemukakan tahapan- tahapan proses perekrutan notaris tersebut. “Jadi batas akhir perekrutan telah ditutup kemarin malam pukul 24.00. Kemudian, akan dilanjutkan dengan rapat seleksi administrasi oleh BKPM dan Kementerian Hukum dan HAM hari ini. Kemudian, seleksi wawancara dilakukan pada tanggal 13 dan 15 Oktober 2015, serta penetapan 2 notaris pada tanggal 16 Oktober 2015,” ucap dia.

BKPM akan memberlakukan proses perizinan investasi tiga jam saja pada 26 Oktober 2015. Namun,  perizinan kilat itu tak berlaku bagi semua investor.

BKPM memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para investor bila ingin mendapatkan pelayanan kilat BKPM tersebut. Syarat tersebut yakni investor diharuskan datang ke Kantor BKPM, nilai investasi minimal Rp 100 miliar, dan investasi minimal harus mampu menyerap 1.000 pekerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.