Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Impor China Mengalami Penurunan 17,7 Persen

Kompas.com - 13/10/2015, 11:13 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Seiring dengan lesunya perekonomian, impor China per September mengalami pelemahan sebesar 17,7 persen year on year. Hal ini semakin menambah panjang daftar pelemahan ekonomi di negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia, kondisi tersebut ikut mempengaruhi harga komoditas yang selama ini banyak diimpor China. Salah satu negara yang terkena dampak pelemahan ini adalah Australia.

Sebagaimana data yang dirilis oleh otoritas bea dan cukai China, nilai impor negara ini turun menjadi 924 miliar yuan (sekitar 146 miliar dollar AS.

"Impor beberapa komoditas terlihat mengalami kenaikan dalam hal volume, namun secara harga mengalami penurunan," ujar juru bicara otoritas bea dan cukai China, Huang Songping sebagaimana dikutip oleh AFP, Selasa (13/10/2015).

Di sisi lain, China juga menghadapi turunnya permintaan dari pasar ekspor atas barang-barang produksi manufakturnya. Pada akhir September, ekspor negara ini turun 1,1 persen menjadi 1,1 persen menjadi 1,30 triliun yuan.

"Terdapat sejumlah tantangan bagi China terkait dengan perdagangan luar negeri," ujar Huang. Meskipun demikian, surplus perdagangan China pada Sepember mengalami surplus hampir dua kali lipat menjadi 376 miliar yuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com