Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garap Bisnis E-Payment, Telkom Gandeng Sony FeliCa Jepang

Kompas.com - 16/10/2015, 17:08 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia menggandeng Sony FeliCa dalam implementasi e-payment untuk angkutan massal, Trans Metro Bandung (TMB).

"Kami bekerjasama dalam mengimplementasikan platform baru melalui pemanfaatan teknologi Near Field Communication (NFC)," ujar Direktur Inovasi dan Strategi Portofolio PT Telkom, Indra Utoyo di Bandung, Jumat (16/10/2015).

Indra menjelaskan, platform baru tersebut dalam pelayanan TMB seiring dengan permintaan Pemerintahan Kota Bandung.

Tujuannya, untuk mempermudah, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kerja sama ini, sambung Indra, akan berlangsung selama tiga tahun. Ke depan, Sony FeliCa akan membuat smartcard yang berfungsi sebagai alat pembayaran TMB.

"Penggarapan TMB ini merupakan pilot project e-payment transportasi di Indonesia. Rencananya, penggunaan sistem e-payment TMB bergulir November 2015," ucapnya.

Untuk tahap awal, penggunaan sistem e-payment diberlakukan bagi 10 unit bus TMB. "Kerja sama ini membawa benefit bagi PT Telkom," imbuhnya.

Benefit yang dimaksud yakni revenue berupa persentase penjualan tiket atau kartu. Namun, iaa enggan menyebutkan persentase yang diperoleh.

"Ini tidak hanya soal bisnis, tetapi bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang transportasi," ucapnya.

Di tempat yang sama, Senior General Manager FeliCa Business Division Sony Corporation, Kazuyuki Sakamoto menjelaskan, sejauh ini beberapa negara menggunakan teknologi yang dikembangkan Sony FeliCa. Di antaranya Jepang dan Hong Kong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com