Garap Bisnis E-Payment, Telkom Gandeng Sony FeliCa Jepang

Kompas.com - 16/10/2015, 17:08 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
BANDUNG, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia menggandeng Sony FeliCa dalam implementasi e-payment untuk angkutan massal, Trans Metro Bandung (TMB).

"Kami bekerjasama dalam mengimplementasikan platform baru melalui pemanfaatan teknologi Near Field Communication (NFC)," ujar Direktur Inovasi dan Strategi Portofolio PT Telkom, Indra Utoyo di Bandung, Jumat (16/10/2015).

Indra menjelaskan, platform baru tersebut dalam pelayanan TMB seiring dengan permintaan Pemerintahan Kota Bandung.

Tujuannya, untuk mempermudah, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kerja sama ini, sambung Indra, akan berlangsung selama tiga tahun. Ke depan, Sony FeliCa akan membuat smartcard yang berfungsi sebagai alat pembayaran TMB.

"Penggarapan TMB ini merupakan pilot project e-payment transportasi di Indonesia. Rencananya, penggunaan sistem e-payment TMB bergulir November 2015," ucapnya.

Untuk tahap awal, penggunaan sistem e-payment diberlakukan bagi 10 unit bus TMB. "Kerja sama ini membawa benefit bagi PT Telkom," imbuhnya.

Benefit yang dimaksud yakni revenue berupa persentase penjualan tiket atau kartu. Namun, iaa enggan menyebutkan persentase yang diperoleh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini tidak hanya soal bisnis, tetapi bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang transportasi," ucapnya.

Di tempat yang sama, Senior General Manager FeliCa Business Division Sony Corporation, Kazuyuki Sakamoto menjelaskan, sejauh ini beberapa negara menggunakan teknologi yang dikembangkan Sony FeliCa. Di antaranya Jepang dan Hong Kong.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X