Sofyan Djalil: Setahun Jokowi-JK, Upaya Pemerintah Sudah Luar Biasa

Kompas.com - 20/10/2015, 11:35 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sofyan Djalil mengatakan, upaya yang dilakukan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam setahun terakhir, sudah luar biasa.

“Reformasi birokrasi, perizinan yang darinya di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berbulan-bulan, bertahun-tahun, sekarang sudah ada izin tiga jam,” kata Sofyan ditemui usai peluncuran Indeks Pembangunan Desa 2014, di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Selain penyederhaan proses perizinan investasi, gebrakan lain yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK adalah mempermudah izin invetasi di sektor kelistrikan.

Tak hanya itu saja, pemerintah juga telah menertibkan 70.000 kapal ilegal, yang membuat bisnis di sektor maritim tidak kondusif.

“Hari ini praktis laut kita bersih dari kapal ilegal. Pukat-pukat tradisional pun mulai hidup kembali. Nelayan kembali bisa tangkap ikan,” ucap Sofyan.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menyampaikan, ibarat pertandingan sepakbola, pemerintahan Jokowi-JK baru bermain 15 menit.

So far OK. Kalau lihat survei yang dilakukan itu, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan, satu tahun cukup bagus, walaupun ada faktor pelemahan ekonomi dunia,” jelas dia.

Lebih lanjut dia menambahkan, di lembaganya sendiri, Bappenas terus melakukan perbaikan kebijakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.