Bangun Pelabuhan Raksasa bersama Ahok, RJ Lino Minta Tidak "Diganggu"

Kompas.com - 20/10/2015, 14:00 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
SINGAPURA, KOMPAS.com — PT Pelindo II akan berkongsi dengan BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, Jakpro untuk membangun pelabuhan raksasa, yang diberi nama Port of Jakarta.

Direktur Utama Pelindo II RJ Lino menuturkan, pihaknya akan meneken pembentukan perusahaan patungan dengan Jakpro pada awal bulan depan. Rencananya, pelabuhan itu memiliki luas sekitar 2.500 hektar.

Sejauh ini, rencana tersebut telah diberi lampu hijau oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok selaku pemegang saham Jakpro.

Selain Jakpro, perusahaan lain yang juga akan terlibat adalah Port of Rotterdam. Perusahaan asal Belanda ini hanya akan menjadi pemegang saham minoritas.

"Yang penting, kami tidak 'diganggu'. Itu saja. Ini proyek besar dan bernilai miliaran dollar AS," ujarnya, Selasa (20/10/2015).

Menurut Lino, keberadaan pelabuhan raksasa itu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap proses lalu lintas barang. Pelindo II berharap pembangunan proyek ini bisa dimulai tahun depan.

Pengembangan Port of Jakarta akan meneruskan terminal JICT yang saat ini telah ada. Selain itu, proyek Port of Jakarta juga akan menambah luasan area terminal yang akan dikembangkan perseroan.

Langkah lain yang juga akan ditempuh adalah mengambil alih saham Kawasan Berikat Nusantara (KBN) untuk menjadi anak usaha dari perusahaan joint venture yang akan diteken.

Lino mengaku tak terlalu memusingkan berbagai sorotan yang diarahkan kepada dirinya. Dia justru berterima kasih karena diberi kesempatan untuk menjelaskan banyak hal kepada masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.