Temui Jokowi, General Electric Bahas Proyek Turbin Gas di Indonesia Timur

Kompas.com - 20/10/2015, 14:34 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui CEO General Electric Jeffrey R. Immelt dan CEO General Electric Indonesia Handry Satriago di Istana Merdeka, Selasa (20/10/2015).

Pertemuan membahas ketertarikan GE untuk menggarap teknologi turbin gas untuk pembangkit listrik di kawasan Indonesia Timur.

"GE kan sudah lama sekali ada di Indonesia, dan mereka pemain yang secara teknologi sangat kuat. Sekarang ada satu kerja sama dengan PLN untuk melistriki daerah-daerah yang tidak terkoneksi dengan national grid," ujar Menteri ESDM Sudirman Said di Istana Kepresidenan, Selasa (20/10/2015).

Selain Sudirman, turut mendampingi Jokowi adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PLN Sofyan Basir, dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki.

Sudirman mengungkapkan, GE tertarik untuk membantu teknologi gas turbin untuk wilayah Indonesia Timur. Teknologi gas turbin itu akan bisa menghasilkan 1.000 MW listrik dalam waktu sembilan bulan.

"Karena itu kemudian kerja sama dengan anak usaha PLN, dan PLN bisa mempercepat peningkatan elektrifikasi," ujar dia.

Saat ditanyakan nilai investasi GE untuk proyek gas turbin ini, Sudirman mengaku tidak tahu karena menjadi wewenang Kepala Bappenas.

Dia hanya menyiapkan agar program pemerintah untuk elektrifikasi wilayah pelosok Indonesia bisa berjalan dengan teknologi yang baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.