Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: Denmark Akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Indonesia

Kompas.com - 23/10/2015, 07:38 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli menyambut baik kedatangan Ratu Denmark Margarethe II dan suaminya Prince Consort Henrik ke Indonesia.

Dia mengungkapkan, negeri yang pemerintahannya berbentuk monarki konstitusional itu meneken berbagai kerjasama di antaranya sektor energi.

"(Kerjasama) Pengembangan energi angin di Sulawesi," ujar Rizal usai menghadiri acara Grand Opening empat sektor kerjasama Indonesia-Denmark di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Dia menjelaskan, Denmark adalah negara yang memiliki teknologi yang canggih. Salah satunya, ucap dia, yakni teknologi yang bisa menghasilkan listrik dari angin atau pembangkit listrik tenaga angin.

Sayangnya, dia tak menjelaskan secara rinci besaran investasi Denmark tersebut. Meski begitu, Rizal sangat berharap kerjasama dengan Denmark mampu memberikan manfaat yang sebesar- besarnya kepada Indonesia.

"Kita senang dengan Denmark negara yang memiliki etika tinggi, pendidikannya juga salah satu yang terbaik di dunia, indeks pembangunan manusianya juga paling tinggi, sehingga kalau kita kerjasama mudah-mudahan banyak perbaikan di kita," kata Rizal.

Selain di sektor energi, Denmark juga telah sepakat kerjasama di bidang Kemaritiman, agribisnis, dan solusi masalah perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com