Penting, Keberlanjutan Pangan untuk Masa Depan

Kompas.com - 29/10/2015, 16:52 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Keberlanjutan pangan adalah hal yang penting untuk masa depan. Setidaknya, pemerintah melalui Kementerian Pertanian menerjemahkan hal tersebut sebagai ketahanan pangan. Sementara, di dunia pendidikan, langkah tersebut dilaksanakan dengan kepedulian pada proses-proses produksi pangan, pengolahan pangan, hingga kelangsungan hidup.

Catatan soal keberlanjutan pangan itu datang dari Universitas Surya. Dalam siaran persnya pada Kamis (29/10/2015), lembaga ini menggelar Sustainable Food Festival 2015 pada 24-25 Oktober 2015 lalu di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat. Pergelaran oleh para mahasiswa Teknologi Pangan mengusung tema Sustainable for Our Society.

Sustainable Food Festival 2015 mengajak keluarga, teman, dan masyarakat mulai peduli dan berkontribusi  mulai dari hal–hal kecil di kehidupan sehari–hari. Misalnya,  tidak memakai plastik dan sterofoam, makan makanan yang sehat dan menghabiskannya.  

Acara ini berisi festival makanan organik dan sehat, demo masak oleh chef handal, workshop recycling, lomba menarik dan sebagainya. Penyelenggara pun menggandeng Komunitas Organik Indonesia. Sebanyak 40 gerai  yang berperan serta di acara ini tidak menyediakan sterofoam dan kantong plastik. Dengan cara itu, pengunjung dapat mulai belajar untuk membawa tas belanja sendiri. Masyarakat juga bisa banyak belajar tentang produk makanan yang unik dan menarik seperti abon jamur, tepung dari pisang, madu hutan dan bahan – bahan organik yang ada. Dengan acara ini, masyarakat bisa kian sadar, peduli, dan mendukung keberlanjutan pangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.