Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Melorot 28,8 Dollar AS

Kompas.com - 30/10/2015, 07:10 WIB
CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun tajam pada perdagangan Kamis (30/10/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB).

Emas berada di bawah tekanan karena Federal Reserve mengindikasikan pada akhir pertemuan dua hari FOMC, Rabu, bahwa peningkatan suku bunga akan menjadi agenda pada pertemuan Desember.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember jatuh 28,8 dollar AS, atau 2,45 persen, menjadi 1.147,30 dollar AS per ounce.

Kenaikan suku bunga The Fed mendorong investor menjauh dari emas dan menuju aset-aset dengan imbal hasil.

Logam mulia terhindar dari penurunan lebih lanjut karena mata uang dollar AS yang melemah.

Indeks dollar AS turun 0,27 persen menjadi 97,36 pada pukul 18.00 GMT.  Emas dan dollar AS biasanya bergerak berlawanan arah.  Jika dolar turun maka emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dengan dollar AS menjadi lebih murah bagi investor.

Sementara itu perak untuk pengiriman Desember turun 74,3 sen, atau 4,56 persen, menjadi ditutup pada 15,55 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun 19,5 dollar AS, atau 1,93 persen, menjadi ditutup pada 993,30 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com