Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Kembali Melemah

Kompas.com - 30/10/2015, 09:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (30//10/2015) masih dibayangi pelemahan. 

Data Bloomberg menunjukkan, rupiah sempat dibuka menguat ke posisi 13.585 dibandingkan penutupan kemarin pada 13.619.  Namun, perlahan perlahan tapi pasti, rupiah tertekan hingga kembali di atas level 13.600.

Tercatat, pukul 08.45 WIB, mata uang garuda melemah ke posisi Rp 13.647 per dollar AS.

Kamis (29/10/2015), rupiah tertekan oleh pernyataan The Fed yang membuka peluang kenaikan suku bunga pada tahun ini. 

Di pasar spot, rupiah melorot 1,03 persen ke level Rp 13.619 per dollar AS. Namun, kurs tengah Bank Indonesia (BI) masih mencatat penguatan 0,5 persen ke posisi Rp 13.562 per dollar AS.

Menurut Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual, pergerakan rupiah searah mata uang regional dan bursa saham yang terkoreksi. "Pernyataan The Fed dibaca hawkish oleh pasar," ujarnya seperti dikutip Kontan.

Mata uang garuda semakin loyo karena minim sokongan dari dalam negeri. Data inflasi dan produk domestik bruto baru dirilis pekan depan. Itu sebabnya, prediksi David, pergerakan rupiah akhir pekan ini diwarnai sentimen eksternal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com