Menteri Susi: Terima Kasih, Anda Hebat Bisa Mengikuti "Orang Gila" seperti Saya

Kompas.com - 30/10/2015, 17:18 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti KOMPAS.com/Sabrina AsrilMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti tak mau menyebutkan secara spesifik alasan dirinya kembali memberikan isyarat mundur dari jabatannya. Namun, dia sudah mengucapkan banyak terima kasih kepada para pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menteri nyentrik asal Pangandaran, Jawa Barat, itu memuji bawahannya karena mampu mengikuti ritme kerja seorang Susi Pudjiastuti.

"Semua staf KKP saya ucapkan terima kasih. Anda orang-orang hebat. Anda bisa mengikuti perubahan dengan yang kuat biasa, terutama Anda hebat karena bisa mengikuti 'orang gila' seperti saya," ujar Susi disambut gelak tawa pegawai KKP yang hadir dalam acara Setahun Kinerja KKP di Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Dia sangat berharap "kegilaannya" itu bisa dikenang positif oleh para pegawai KKP.

Dia pun berpesan agar semua pegawai KKP meyakini prinsip tak ada yang mustahil di dunia ini.

Buktinya, ucap dia, meski tak mengenyam pendidikan yang tinggi, seorang Susi Pudjiastuti bisa menjadi menteri.

Namun, dalam hal pendidikan, Susi meminta para pegawai KKP untuk belajar atau sekolah setinggi-tingginya. Menurut dia, pendidikan adalah faktor penting untuk meraih kesuksesan.

"Tapi, tentu saja, yang benar itu, cari pendidikan, sekolah tinggi-tinggi. Cari pekerjaan yang Anda suka, berkarier dengan gembira. Kalau Anda gembira, tenaga Anda besar. Kalau tenaga dan energi Anda besar, niat mengubah juga besar. Kalau Anda enggak suka, cari yang Anda suka, belajar yang Anda suka. Kegembiraan adalah energi. Energi adalah keberhasilan," kata Susi.

Sebelumnya, Susi memberikan isyarat akan segera mundur dari jabatannya. Hal tersebut dia ungkapkan saat berpidato di acara Setahun Kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Hari ini saya sangat gembira. Sekjen dan Dirjen semangatnya luar biasa. Saya yakin saya tidak perlu lama-lama di KKP. Saya lihat karyawan KKP sudah punya semangat dan integrity. Itu modal utama. Sekjen siapkan infrastrukturnya. Kita ubah accountability dengan assessment-nya," ucap dia.

Bahkan, Susi juga sudah mempersilakan wartawan untuk lebih banyak mempertanyakan berbagai persoalan di KKP kepada jajaran Dirjen, tidak lagi kepada dirinya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X