Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Dituduh Bagian dari Mafia Minyak, Ini Kata Sudirman Said

Kompas.com - 10/11/2015, 21:19 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said adalah salah satu orang yang mendorong agar Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) dibubarkan.

Sebab, selama ini, anak perusahaan Pertamina itu disebut-sebut menjadi sarang mafia impor migas.

Namun, bukan berarti atas aksinya itu Sudirman lantas panen pujian. Dia kerap didemo dan dituding sebagai bagian dari mafia minyak. Lantas, apa kata Sudirman?

"(Sejak) tahun 2008, demonya begitu, 'Sudirman mafia minyak,'" ujar Menteri yang juga mantan Direktur Utama Pindad itu sembari tertawa seperti dikutip dari Kompas, Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Saat kembali ditanya, "Sebetulnya Anda mafia atau mafia...?" Sudirman kembali tertawa. Namun, dia memberi jawaban lebih tegas. "Saya kira saya lawan (dari) mafia minyak" katanya.

Dia tak mau ambil pusing terhadap berbagai tuduhan yang mengarah kepadanya. Bagi Sudirman, tudingan-tudingan itu sudah dianggapnya hal yang biasa.

Mantan pejabat Integrated Supplay Chain (ISC) itu mengaku hanya ingin memberikan bukti kepada orang-orang yang menudingnya bahwa dirinya tak seperti yang dituduhkan.

"Paling enak kan memberikan cermin (kepada para penuding) dan saya sudah biasa dibegitukan (dituduh mafia minyak)," ucap Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com