Masalah Menteri Keblinger soal Freeport, Sudirman Said Lempar Balik ke Rizal Ramli

Kompas.com - 11/11/2015, 08:38 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Jakarta, Senin (10/8/2015). ESTU SURYOWATI/Kompas.comMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Jakarta, Senin (10/8/2015).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menepis kepretan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli yang menyebutnya keblinger lantaran ingin mempercepat perpanjangan kontrak Freeport.

Sudirman membantah hal tersebut. Menurut Sudirman, justru orang yang menuduhnya kebelingerlah yang salah paham lantaran bicara tanpa fakta, bahkan cenderung merusak situsi yang terjalin antara pemerintah dan Freeport.

"Karena saya tidak memperpanjang, bukan saya yang keblinger. Yang keblinger adalah orang yang bicara tanpa fakta, tanpa melihat dulu persoalannya, berteriak kiri kanan merusak situasi," ujar Sudirman dalam acara "Satu Meja" yang ditayangkan Kompas TV seperti dikutip dari Kompas, Selasa (10/11/2015).

Mantan Dirut Pindad itu mengaku santai menghadapi tudingan yang mengarah kepadanya. Pasalnya, dalam surat yang diberikan kepada Freeport, tak ada keputusan pemerintah memperpanjang kontrak tersebut.

"Tidak ada keputusan perpanjangan kontrak yang melanggar hukum, tidak ada beban saya adalah yang disebut sebagai keblinger itu," kata Sudirman.

Pemerintah memang belum menyatakan untuk memperpanjang kontrak Freeport. Sesuai aturan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2014, proses renegosiasi perpanjangan kontrak pertambangan bisa dilakukan dua tahun sebelum kontraknya berakhir, yakni pada 2019.

Namun, Kementerian ESDM berencana untuk merevisi PP tersebut. Batas waktu renegosiasi kontrak pertambanganakan rencananya akan diubah menjadi 10 tahun sebelum berakhirnya kontrak. Hal inilah yang membuat geram Rizal Ramli sehingga menyebut Sudirman Said menteri keblinger.

baca juga:  "Rizal Ramli Jangan Hanya Asal Bunyi"

Kompas TV (Siapa) Menteri yang “Keblinger” – Satu Meja eps 115 bagian 1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.