Jasa Marga Pertimbangkan Pembangunan Jalan Tol Bertingkat

Kompas.com - 12/11/2015, 16:44 WIB
Ilustrasi jalan tol di atas laut Muhammad HasanudinIlustrasi jalan tol di atas laut
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com — Jalan tol kini tidak terbebas pula dari kemacetan yang panjang. Dampaknya, kini muncul gagasan untuk membangun jalan tol bertingkat atau elevated.

Pihak PT Jasa Marga Tbk pun sebagai operator jalan tol mengaku sedang mempertimbangkan jalan tol bertingkat untuk mengurangi beban kemacetan di jalan bebas hambatan.

"Jalan tol elevated sedang dipertimbangkan. Ada ruas-ruas (jalan tol) yang memang bisa untuk bertingkat," ungkap Reynaldi Hermansjah, direktur keuangan dari emiten berkode JSMR tersebut, di Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Menurut Reynaldi, pembangunan jalan tol bertingkat membutuhkan kajian dan pertimbangan yang matang.

Pasalnya, ada beberapa ruas jalan tol utama yang memang tidak mungkin untuk pelebaran, misalnya ruas jalan Tol Dalam Kota yang sudah bersinggungan dengan jalan nasional.

Reynaldi mengakui, kemacetan memang kini sudah menjadi permasalahan di jalan bebas hambatan, bukan hanya di jalan raya biasa.

Oleh sebab itu, ungkap Reynaldi, salah satu solusi yang diambil perseroan untuk mengurai kemacetan di ruas jalan tol di kawasan Jabodetabek adalah dengan mengoperasikan JORR 2.

Lebih lanjut, Reynaldi mengakui, jumlah kendaraan yang melewati ruas-ruas jalan tol yang dioperasikan oleh perseroan di berbagai kawasan di Tanah Air kini cukup besar.

"Volume lalu lintas pertumbuhannya tinggi, mencapai 1,4 miliar kendaraan," kata Reynaldi.

Adapun saat ini Jasa Marga tengah membangun 13 ruas jalan tol baru yang direncanakan mulai beroperasi pada tahun 2017 dan 2018 mendatang.

Ketiga belas ruas jalan tol tersebut tersebar di kawasan Sumatera, Jawa Tengah, dan Bali, yang memerlukan total investasi mencapai Rp 40 triliun.

Untuk mendanai proyek-proyek ruas jalan tol baru tersebut, perseroan membutuhkan belanja modal atau capital expenditure mencapai Rp 14 triliun. Untuk itu, pihak Jasa Marga kini tengah mencari alternatif pendanaan agar dapat merampungkan belasan proyek ruas jalan tol baru tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X