TIngkatkan Efisiensi, Pertamina Bangun Sinergitas dengan Sucofindo

Kompas.com - 12/11/2015, 17:26 WIB
- -
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) dan PT Sucofindo (Persero) membangun sinergitas guna meningkatkan efisiensi kegiatan operasional Pertamina.

Sinergitas kedua BUMN ditandai dengan penandatangannan nota kesepahaman antara Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, dan Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin, pada Kamis (12/11/2015).

Dwi menuturkan, Pertamina harus menggandeng perusahaan terkemuka yang memiliki pengalaman di bidang inspeksi, pengujian, sertifikasi, konsultasi, dan pelatihan, sehingga dapat menjadi pemain energi terdepan.

"Dalam upaya mewujudkan kemandirian energi, Pertamina membutuhkan sinergi dalam melaksanakan kegiatan operasinya secara maksimal, dengan memanfaatkan potensi dan kapabilitas BUMN lain seperti Sucofindo," tutur Dwi.

Nota kesepahaman ini digunakan sebagai kontrak payung dari kerjasama selama ini antara Sucofindo dan masing-masing direktorat di Pertamina.

Sehingga diharapkan sentralisasi pengadaan jasa dan layanan ini dapat meningkatkan efisiensi di seluruh proses bisnis BUMN energi tersebut.

Sementara itu, Bachder menjelaskan, Sucofindo siap mendukung peningkatan daya saing Pertamina.

Di antaranya melalui layanan pengawasan distribusi migas dan bahan bakar lain, inspeksi keandalan aset dan instalasi, serta pengujian independen.

"Kami memiliki kapabilitas melakukan cargo losses survey migas di pelabuhan bongkar muat baik di dalam maupun luar negeri, hingga distribusi antar kilang dan depo untuk mencapai operasional yang efisen," kata Bachder.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X