Genjot Pembiayaan ke Sektor Perikanan dan Kelautan, Program Jaring OJK Digelar di Malang

Kompas.com - 13/11/2015, 12:45 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
MALANG, KOMPAS.com - Program pembiayaan ke sektor kelautan dan perikanan terus diperluas sebagai bagian dari program pemerintah memperkuat sektor kemaritiman.

Hari ini, Jumat (13/11/2015) program Jaring (Jangkau, Sinergi, dan Guideline) kembali digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan, perbankan dan industri keuangan non bank (IKNB) di Pantai Sendang Biru, Kabupaten Malang Jawa Timur.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan Program Jaring berjalan sesuai yang direncanakan.

“Jumlah bank yang mengikuti Program Jaring sejak diluncurkan Mei lalu telah bertambah lima menjadi 13 bank. Ini pertanda positif terhadap berjalannya Program Jaring ke depan sesuai dengan cita-cita Pemerintah,” katanya.

Selain itu program ini juga dinilai mampu mendorong pemahaman pelaku jasa keuangan terhadap bisnis di sektor kelautan dan perikanan. Dengan demikian kredit perbankan dan pembiayaan ke sektor ini terus meningkat.

Acara yang digelar hari ini juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, para direksi bank partner program jaring, maupun lembaga penjamin.

Pada tahap awal terdapat delapan bank partner jang bergabung dalam program Jaring yaitu PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN), PT Bank Danamon Indonesia, Tbk, PT Bank Permata, Tbk, PT Bank Bukopin, Tbk dan PT BPD Sulselbar. 

Adapun lima bank yang menyusul menjadi bank partner Jaring adalah PT Bank Central Asia (BCA), Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Sinarmas Tbk dan PT BPD Jawa Timur Tbk.

Program Jaring sebelumnya diresmikan Wapres Jusuf Kalla pada 11 Mei 2015 di Pantai Bodia Takalar Sulawesi.

Target utama program ini adalah meningkatkan kredit dan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan serta mendorong perluasan akses masyarakat di sektor kelautan dan perikanan ke layanan jasa keuangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.