Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra International Terus Perbesar Bisnis Infrastruktur

Kompas.com - 13/11/2015, 13:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) sedang berupaya untuk memperbesar porsi bisnis di sektor infrastruktur dan properti.

Hal tersebut seiring dengan fokus pemerintah yang gencar melakukan pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Presiden Direktur ASII Prijono Sugiarto di Jakarta, Kamis (12/11/2015), mengatakan, pada tahun 2016 perseroan akan menuntaskan proyek tol Mojokerto-Kertosono (Moker), sementara di sektor properti sedang dalam proses penggarapan dua gedung terdiri atas Menara Astra dan Ananda Maya.

"Tahun depan belanja modal perseroan direncanakan sekitar Rp 13 triliun. Tidak jauh berbeda dengan tahun ini, namun komposisinya berbeda, porsi untuk sektor infrastruktur dan properti sedikit lebih besar. Kami juga mengakuisisi sebagian tol Trans Jawa," ujarnya.

Ia mengemukakan, hingga kuartal ketiga tahun 2015 ini, kontribusi bisnis non otomotif terhadap laba bersih ASII sebesar 35 persen. Porsi itu meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang sekitar 32 persen.

Head of Investor Relations ASII Tira Ardianti menambahkan,  perseroan juga berupaya meningkatkan kontribusi sektor maritim, aksi korporasi itu menyambut program pemerintah mengoptimalkan transportasi laut.

Pada tiga tahun lalu, ia mengatakan bahwa Astra International Tbk sudah memiliki hak pengelolaan pelabuhan East Kal di Balikpapan melalui anak usaha PT Pelabuhan Penajam Banua Taka.

"Kita akan mulai mengoperasikannya untuk umum. Tadinya pelabuhan itu kita kelola karena ada potensi banyak perusahaan minyak dan gas di wilayah sekitar. Tetapi karena ada program pemerintah untuk seaport, ya kita buka juga untuk itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com