Menkeu: Indonesia Siap Terapkan Keterbukaan Bank Lebih Awal

Kompas.com - 13/11/2015, 18:19 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro menyatakan, Indonesia siap mengimpementasikan kebijakan keterbukaan bank pada September 2017, atau lebih cepat dari yang disepakati negara-negara OECD dan G20 pada 2018.

Bambang mengatakan, berdasarkan kesepatakan dengan OECD, negara-negara G20 memang diminta menjadi early adopter. Indonesia merupakan negara yang masuk dalam kelompok G20.

Bambang menjelaskan, automatic exchange of information atau petukaran informasi secara otomatis pada 2017 nanti tidak akan lagi menyeret urusan bilateral.

“Kalau sudah automatic, enggak lagi. Kalau sekarang bilateral penyelesaiannya. Kalau nanti sudah otomatis,” kata Bambang di kantornya, Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Lebih lanjut dia memastikan, pada prinsipnya pada penghujung 2017 nanti sudah tidak ada lagi kerahasiaan bank, dan tidak ada lagi orang yang bisa sembunyi atau menghindar dari kewajiban pajak.

Bambang mengatakan, kesepakatan ini penting diterapkan lebih awal melihat banyaknya kasus transfer pricing.

Untuk mengimplementasikan keterbukaan bank, dia bilang pemerintah perlu melakukan penyesuaian terhadap beberapa aturan perundang-undangan.

Kesepakatan mengenai Automatic Exchange of Information dan Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) menjadi salah satu poin yang akan dibawa Indonesia salam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan dihelat di Antalya, Turkey, pada 15-16 November 2015 mendatang.

Automatic exchange of information secara global akan dimulai 2018, tapi beberapa negara termasuk Indonesia akan mengadopsi lebih awal di 2017, pada September,” ucap Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.