Pelindo II Targetkan Laba Bersih 2016 Sentuh Rp 1,5 Triliun

Kompas.com - 13/11/2015, 20:36 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorFidel Ali

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) menargetkan laba bersih pada tahun 2016 sebesar Rp 1,5 triliun.

Sedangkan EBITDA diproyeksikan di kisaran Rp 3,5 triliun hingga Rp 4 triliun. Direktur Keuangan Pelindo II Orias Petrus Moedak menuturkan, saat ini porsi kegiatan ekspor-impor dibandingkan pengangkutan antar-pulau masih 70:30.

Akan tetapi, seiring dengan beroperasinya Tol Laut, diharapkan perdagangan antar-pulau makin tinggi. Diperkirakan setelah 2020 nanti, porsi perdagangan domestik dan internasional mencapai 50:50.

"Kalau sekarang 70:30. Tahun depan ekspektasinya inter-island akan meningkat. Kalau revenue (pendapatan) kita perkirakan Rp 10 triliun sampai Rp 11 triliun tahun 2016," ucap Orias, di Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Hingga semester pertama tahun 2015, pendapatan Pelindo II tercatat sebesar Rp 3,098 triliun. Sementara itu EBITDA pada periode sama tercatat sebesar Rp 1,55 triliun. Adapun laba bersihnya sebesar Rp 714 miliar.

Orias mengakui ada sedikit perlambatan perdagangan baik internasional dan domestik pada tahun ini. Dari dalam negeri, Orias mengakui kegiatan politik pilkada juga memberikan pengaruh terhadap lesunya kegiatan di pelabuhan.

"Nanti setelah pilkada, tahun depan sudah gerak pasti akan lebih baik, perhitungan mau pilkada orang lebih sibuk ngurusin itu," kata dia lagi.

Sebagai informasi, dalam lima tahun terakhir, pendapatan Pelindo II terus meningkat pesat. Pada 2010 pendapatan Pelindo II sebesar Rp 2,8 triliun dengan laba bersih Rp 1,2 triliun.

Pada tahun berikutnya BUMN itu membukukan pendapatan sebesar Rp 4 triliun dengan laba bersih Rp 1,4 triliun. Pada tahun 2012, Pelindo II membukukan pendapatan sebesar Rp 5,4 triliun dengan laba bersih sebesar Rp 1,7 triliun.

Dan pada tahun 2013, pendapatannya naik lagi mencapai Rp 6 triliun dengan laba bersih sebesar Rp 1,8 triliun. Sementara itu, pada tahun lalu Pelindo II mencatat pendapatan sebesar Rp 6,4 triliun dengan laba bersih sebesar Rp 1,5 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.