Astra Siap Garap Pusat Logistik di Kalimantan Timur

Kompas.com - 16/11/2015, 17:04 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) menyatakan kesiapannya untuk menggarap pusat logistik di kawasan berikat.

Perseroan akan mengoptimalkan pelabuhan East Kal di Balikpapan yang dikelola anak usaha perseroan, yakni PT Penajam Banua Taka.

Direktur ASII Paulus Bambang Widjanarko Eddy Santoso mengatakan bahwa keputusan tersebut sejalan dengan arahan dari Presiden RI Joko Widodo guna mendorong sektor maritim.

"Kami punya port di Balikpapan 95 hektar. Dulu prioritas untuk minyak dan gas. Sekarang inisiatif Pak Jokowi kita sedang ubah jadi pusat logistik berikat di sana. Sekarang sudah punya gudang tertutup 11.000 meter persegi, yang open 42.000 meter persegi," kata Bambang di Jakarta, Senin (16/11/2015).

Bambang mengungkapkan, pusat logistik berikat tersebut akan segera terealisasi pada akhir tahun 2015 atau sekira awal tahun 2016 mendatang.

"Kami sedang menyiapkan. Kita harapkan bisa menyelesaikan kuartal I tahun depan atau akhir tahun ini. Kita siap menjadi benchmark industri berikat," terang Bambang.

Proyek infrastruktur menjadi salah satu andalan perseroan saat ini. Selain kawasan industri berikat, perseroan juga tengah menggenjot proyek tol.

"PT Marga Mandala Sakti (MMS) 72,45 km. Sudah selesai jalur 3 dari Cikupa-Balaraja diharapkan bisa menambah lalu lintas," tutur Bambang.

Astra juga tengah menggarap konstruksi sepanjang 40,5 km di Kertosono-Mojokerto. Jalan tol seksi I sepanjang 14,7 km sudah beroperasi Oktober 2014 tahap selanjutnya diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2016 mendatang.

"Kami sekarang sedang menggarap seksi 2 dan 3. Mudah-mudahan tahun depan selesai. Akuisisi lahan sudah 93 persen," kata Bambang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.