Kompas.com - 18/11/2015, 19:15 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyambut baik langkah yang dilakukan Bank Indonesia (BI) yang menurunkan giro wajib minimum (GWM) dari 8 persen menjadi 7,5 persen.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Asmawi Syam menuturkan penurunan GWM itu dinilai akan meningkatkan likuiditas perseroan dan memberikan kelonggaran untuk ekspansi kredit.

"GWM turun, berarti kan likuiditas kita meningkat. Jumlah likuiditas yang dipinjamkan bertambah, berarti penyaluran kredit kita longgar. Itu efek yang positif," jelasnya Rabu (18/11/2015).

Dia menambahkan, kebijakan moneter tersebut juga akan menurunkan biaya dana atau cost of fund perseroan.

Asmawi yang juga Ketua Umum Himbara menyatakan, tidak hanya berdampak pada kredit semata. Penurunan tersebut juga akan lebih terasa terhadap kelonggaran perbankan untuk berekspansi lebih besar.

"Turunnya GWM ini akan memberikan kelonggaran kepada perbankan dapat ekspansi lebih besar, sehingga dapat memberikan pinjaman kredit lebih longgar," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.