WEF: Baru Tahun 2133 Gaji Karyawan Wanita Setara dengan Pria

Kompas.com - 24/11/2015, 11:19 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena
WASHINGTON, KOMPAS.com - Forum Ekonomi Dunia (WEF) menyatakan, perlu waktu 118 tahun agar pendapatan pekerja wanita menyamai pendapatan para pekerja pria. 

Tidak ada negara, yang pendapatan antara pekerja wanita dan pekerja pria setara bila mereka mengerjakan suatu pekerjaan yang sama.

Dalam laporan bertajuk Global Gender Gap,  WEF menyebutkan,  baru tahun 2133 , para pegawai wanita akan memperoleh gaji yang setara dengan pegawai pria.

Di Amerika Serikat saja, keadaan tersebut justru makin buruk. Tahun ini pendapatan pekerja wanita hanya 64 persen dari pekerja pria. Artinya, pegawai wanita memperoleh sekitar dua per tiga dari penghasilan pegawai pria dalam pekerjaan yang sama.

Padahal, tahun lalu pendapatan pekerja wanita mencapai 66 persen dari pendapatan pekerja pria. 

Pekerja wanita AS, kalah dengan rekannya di Inggris yang mendapatkan 66 persen dari pekerja pria. Bahkan dari wanita China yang memperoleh 65 persen.

AS kini berada pada peringkat 74 dari 145 negara dalam hal kesetaraan pendapatan.  Tahun lalu, Negeri Paman Sam ini berada di peringkat 65.

WEF mengukur perbedaan pendapatan dengan melakukan jajak pendapat terhadap para CEO di seluruh dunia tentang gaji pegawai mereka.

WEF juga menemukan bahwa Perancis merupakan salah satu negara dengan kesetaraan pendapatan terburuk di dunia. Pegawai wanita di sana hanya memperoleh separuh dari pendapatan pegawai pria.

Meskipun demikian, Perancis berada pada peringkat kedua terkait persentase pegawai wanita yang menduduki posisi top di perusahaan publik.

WEF juga mengungkapkan, bahwa di beberapa negara, pegawai wanita ternyata lebih banyak ketimbang pria. Seperti di Malawi, ada 85 persen pegawai wanita, ketimbang 81 persen pegawai pria. Di Mozambik, Rwanda, dan Burundi pun tercatat lebih banyak wanita yang bekerja dibandingkan dengan pria.



Sumber CNNMoney
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X