Status Bandara Kuning, Jonan Minta Penumpang Patuhi Prosedur

Kompas.com - 26/11/2015, 08:52 WIB
Penulis Bayu Galih
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary
LONDON, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, Indonesia sudah meningkatkan kewaspadaan di sejumlah pintu masuk perhubungan, terutama bandara, setelah terjadi aksi teror di Paris beberapa waktu lalu.
 
Tingkat pengawasan pun naik setelah muncul ancaman ISIS yang akan melakukan aksi teror di Jakarta.
 
"Kalau bicara berapa serius, kami sudah tingkatkan jadi kuning. Sebelumnya hijau," kata Jonan di sela kunjungan kerja di London, Rabu (25/11/2015).
 
Jonan tidak memberikan penjelasan detil mengenai langkah pengamanan seperti apa yang dilakukan dengan status kuning.
 
"Karena memang tidak boleh dijelaskan secara publik," kata dia.

Pemerintah pun meminta penumpang mematuhi prosedur pengamanan yang berlaku. Sebab, kenyamanan dalam perjalanan tercipta jika penumpang merasa aman.
 
"Sudah diperintahkan agar diperiksa lebih teliti," kata Jonan.

Ancaman teror yang dilakukan kelompok teror ISIS dikhawatirkan masuk ke Jakarta setelah terungkapnya rencana ISIS yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu target. Indonesia masuk target ISIS bersama dengan Amerika Serikat, Inggris, dan Lebanon.

 
Aksi teror ini disiapkan ISIS setelah terjadinya tragedi bom dan penembakan brutal di Paris, Perancis, beberapa waktu silam.
 
Penjagaan di bandara juga diperketat setelah tragedi jatuhnya pesawat Rusia di Sinai, Mesir, yang juga dikaitkan dengan ISIS.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.