Kompas.com - 26/11/2015, 12:46 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengatakan, paket kebijakan yang diluncurkan oleh pemerintah bukan hanya bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Rangkaian paket kebijakan ini pada dasarnya merupakan upaya deregulasi untuk memudahkan kegiatan ekonomi.

"Intinya paket ini untuk melepaskan terlalu banyak regulasi. Regulasi di kita itu terlalu banyak. Dari tahun 2010 sampai 2014 sudah ada keseluruhan 42.000 regulasi," kata Sofyan pada acara Kompas100 CEO Forum, Kamis (26/11/2015).

Dengan rangkaian paket kebijakan tersebut, ungkap Sofyan, maka pemerintah mencoba untuk melakukan reformasi regulasi. Setidaknya, jumlah regulasi yang dapat direformasi mencapai 50 persen.

Dengan kebijakan-kebijakan deregulasi ini, kata Sofyan, diharapkan perekonomian dapat tumbuh.

Lebih lanjut, Sofyan menyatakan pemerintah masih akan menerbitkan berbagai paket kebijakan. Pasalnya, Presiden Joko Widodo diakui Sofyan cenderung berpikiran out of the box, sehingga ia menginginkan banyak program deregulasi untuk memudahkan dan mempercepat kegiatan perekonomian.

"Masih banyak, bukan hanya enam atau tujuh, kalau perlu seratus. Yang bagus adalah Pak Jokowi ini sangat berpikiran out of the box, presiden menginginkan program deregulasi sebanyak mungkin," jelas Sofyan.

Adapun terkait Paket Kebijakan VII, Sofyan mengaku saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Meski demikian, sebut dia, pada dasarnya paket kebijakan yang diluncurkan pemerintah adalah guna membenahi dan mencari inefisiensi dan kebijakan yang kurang tepat, serta regulasi yang lambat. Sehingga, investor lebih cepat masuk dan berinvestasi dan iklim bisnis pun lebih kondusif dengan regulasi yang cepat dan sederhana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.