Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Terlalu Banyak Regulasi

Kompas.com - 26/11/2015, 12:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengatakan, paket kebijakan yang diluncurkan oleh pemerintah bukan hanya bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Rangkaian paket kebijakan ini pada dasarnya merupakan upaya deregulasi untuk memudahkan kegiatan ekonomi.

"Intinya paket ini untuk melepaskan terlalu banyak regulasi. Regulasi di kita itu terlalu banyak. Dari tahun 2010 sampai 2014 sudah ada keseluruhan 42.000 regulasi," kata Sofyan pada acara Kompas100 CEO Forum, Kamis (26/11/2015).

Dengan rangkaian paket kebijakan tersebut, ungkap Sofyan, maka pemerintah mencoba untuk melakukan reformasi regulasi. Setidaknya, jumlah regulasi yang dapat direformasi mencapai 50 persen.

Dengan kebijakan-kebijakan deregulasi ini, kata Sofyan, diharapkan perekonomian dapat tumbuh.

Lebih lanjut, Sofyan menyatakan pemerintah masih akan menerbitkan berbagai paket kebijakan. Pasalnya, Presiden Joko Widodo diakui Sofyan cenderung berpikiran out of the box, sehingga ia menginginkan banyak program deregulasi untuk memudahkan dan mempercepat kegiatan perekonomian.

"Masih banyak, bukan hanya enam atau tujuh, kalau perlu seratus. Yang bagus adalah Pak Jokowi ini sangat berpikiran out of the box, presiden menginginkan program deregulasi sebanyak mungkin," jelas Sofyan.

Adapun terkait Paket Kebijakan VII, Sofyan mengaku saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Meski demikian, sebut dia, pada dasarnya paket kebijakan yang diluncurkan pemerintah adalah guna membenahi dan mencari inefisiensi dan kebijakan yang kurang tepat, serta regulasi yang lambat. Sehingga, investor lebih cepat masuk dan berinvestasi dan iklim bisnis pun lebih kondusif dengan regulasi yang cepat dan sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com