Dorong Ekonomi Hijau, Norwegia Hibahkan Rp 250 Miliar ke RI

Kompas.com - 27/11/2015, 14:48 WIB
Ilustrasi: hutan di Kalimantan Timur. Michael Padmanaba for Center for International Forestry Research (CIFOR)Ilustrasi: hutan di Kalimantan Timur.
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kerajaan Norwegia bersama Global Green Growth Institute (GGGI) akan memberi hibah kepada Indonesia sebesar 19 juta dollar AS untuk mendikung pertumbuhan ekonomi hijau.

Nilai hibah yang setara dengan sekitar Rp 250 miliar itu mendukung investasi hijau di sektor energi terbarukan Indonesia, zona ekonomi khusus, kehutanan dan sektor-sektor pemanfaatan lahan lainnya.

“Ini meneguhkan kembali komitmen Norwegia untuk bermitra dengan GGGI dan para pemangku kepentingan di Indonesia untuk meraih masa depan yang adil dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Yvo de Boer, Direktur Jenderal GGGI dalam penjelasan resminya, Jumat (27/11/2015).

Dana tersebut dihibahkan melalui kerjasama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Dengan hibah itu, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten diharapkan bisa melanjutkan pelaksanaan strategi pembangunan ekonomi hijau yang sudah dijalankan sebelumnya.

“Belakangan ini, banyak orang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan gambut. Kami bersama dengan Pemerintah Indonesia berusaha memperkuat kemitraan hijau antara masyarakat, pemerintah, masyarakat madani dan dunia usaha,” jelas Stig Traavik, Duta Besar Norwegia untuk Indonesia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.