Toshiba Jadi Pemasok Turbin dan Generator PLTU Cirebon

Kompas.com - 28/11/2015, 15:57 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Perusahaan asal Jepang Toshiba menjadi pemasok turbin uap dan generator ultra super critical (USP) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon. Catatan dari laman cirebonpower.co.id hari ini menunjukkan kapasitas yang bisa dihasilkan kedua piranti itu mencapai 1.000 megawatt (MW). Toshiba tidak sendirian menjadi mitra Cirebon Power. Pasalnya, bersama Mitsubishi Hitachy Power System Ltd dan Hyundai Engineering & Construction Co. Ltd sudah ditunjuk oleh pemilik sekaligus operator PLTU, Cirebon Energi Prasarana (CEPR) menjadi konsorsium rekayasa, pengadaan, dan pembangunan (EPC) 1 untuk PLTU tersebut.

Kedua piranti penting tersebut termasuk dalam kelas berkapasitas terbesar di dunia. Pihak Toshiba juga menjamin bahwa peralatan-peralatan tersebut memunyai efisiensi energi tertinggi. Selanjutnya, Toshiba juga akan memasok peralatan lainnya termasuk peralatan kontrol untuk pembangkit.

Beroperasi sejak Juli 2002, PLTU Cirebon merupakan kongsi investasi dari Marubeni Corporation,  PT. Indika Energy Tbk, Korea Samtan Co, Ltd, Korea Midland Power Co, Ltd dan Chubu Electric Power Co, Inc yang juga akan membangun dan mengoperasikan pembangkit tersebut. Pengoperasian secara komersial dijadwalkan pada 2020.

Selain di Cirebon, Toshiba juga ikut ambil bagian dalam memasok peralatan pembangkit listrik di PLTU Gresik, Jawa Timur pada 1981 dan PLTU Tanjung Jati B pada 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.