Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jonan Siap Promosikan Peti Kemas Lipat Hasil Penelitian Mahasiswa

Kompas.com - 30/11/2015, 13:48 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan siap mempromosikan hasil penelitian di sektor perhubungan kepada dunia usaha.

Salah satu yang ia apresiasi dan akan promosikan adalah hasil penelitian berupa peti kemas lipat untuk efisiensi biaya logistik.

"Saya akan baca dan saya akan coba berusaha membantu mempromosikan supaya ada manfaatnya, tetapi harus didaftarkan di HKI (Dirjen Hak Kekayaan Intelektual)," ujar Jonan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Senin (30/11/2015).

Penelitian terkait peti kemas lipat dilakukan oleh mahasiwa bernama Latama Rizky yang merupakan juara I lomba penelitian transportasi tingkat nasional 2015 katagori SLTA hingga S-1 yang diselenggarakan oleh Kemenhub.

Menurut Jonan, setiap penelitian di Indonesia haruslah bisa diimplementasikan dengan biaya yang terjangkau.
Jangan sampai para peneliti hanya membuat penelitian yang besar, tetapi sulit diterapkan di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kemenhub Elly Sinaga mengatakan, beberapa penelitian yang dilakukan di sektor perhubungan sudah mulai terealisasi.

Misalnya, ucap dia, kini hasil penelitian lomba transportasi 2014 mulai mendapatkan tempat. Hasil penelitian itu terkait pemanfaatan Sungai Tallo di Maros, Makassar, untuk angkutan barang.

Bahkan, kata Elly, Bank Dunia pun tertarik untuk berkecimpung merealisasikan studi tersebut. "Saking potensinya besar, Bank Dunia ikutan," tutur Elly.

Adapun Jonan sudah meminta kepada jajarannya untuk membantu setiap hasil penelitian di sektor perhubungan yang potensial untuk dikembangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com