Susi: Daya Beli Pelaku Sektor Perikanan Meningkat

Kompas.com - 07/12/2015, 14:24 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal III 2015 mencapai 4,73 persen. Adapun perekonomian subsektor perikanan mengalami pertumbuhan sebesar 8,37 persen, lebih tinggi dibandingkan 7,17 persen pada kuartal II 2015.

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, pertumbuhan di sektor perikanan tersebut menunjukkan adanya peningkatan daya beli pelaku subsektor kelautan dan perikanan dibandingkan subsektor lain pada kelompok pertanian, kehutanan, perikanan, dan nasional.

"Pertumbuhan sebesar 8,37 persen ini juga menunjukkan bahwa subsektor perikanan baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya menunjukkan potensi besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia," kata Susi di kantornya, Senin (7/12/2015).

Susi menjelaskan, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tersebut adalah produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya yang mengalami peningkatan.

Hingga kuartal III 2015, produksi perikanan tangkap mencapai 4,72 juta ton, meningkat 5,03 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Sementara itu, produksi perikanan budidaya tercatat mencapai 10,07 juta ton, meningkat 3,98 persen.

Pertumbuhan ekonomi subsektor perikanan pada kuartal III 2015 juga diwarnai pertumbuhan laju implisit di subsektor perikanan. Laju ini merefleksikan perubahan harga dan kualitas yang terjadi di subsektor perikanan dan kelautan atau mencerminkan perubahan harga di tingkat produsen.

Adapun berdasarkan PDB atas dasar harga berlaku, perekonomian subsektor perikanan kuartal III 2015 mencapai Rp 73,3 triliun.

Sementara itu, berdasarkan harga konstan 2010 mencapai Rp 51,6 triliun. Kontribusinya terhadap PDB harga berlaku sebesar 2,46 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.