Bank Permata Genjot Transaksi Kartu Debit

Kompas.com - 08/12/2015, 15:24 WIB
Membayar menggunakan kartu debit. AP PhotoMembayar menggunakan kartu debit.
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah Bank Permata meluncurkan layanan belanja online pakai kartu debit. Hal itu akan mendorong transaksi kartu debit secara keseluruhan.

Pasalnya, Bank Permata melihat, penggunaan kartu debit untuk belanja masih minim ketimbang penggunaan untuk kebutuhan uang tunai.

Bank Permata mencatat, transaksi belanja PermataDebit Visa telah mencapai 2,2 juta transaksi dalam periode Januari-Oktober 2015. Angka ini tumbuh 17 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Nilainya Rp 1,2 triliun, tumbuh 17 persen. Maka potensi penggunaan kartu debit masih sangat besar," terang Bianto Surodjo, Direktur Retail Banking Bank Permata, Selasa (8/12/2015).

Hari ini, Bank Permata baru saja mengembangkan layanan kartu debit untuk bisa belanja online melalui 3D Secure-Verified by Visa. Bianto yakin, layanan baru ini bakal mendorong transaksi belanja kartu debit secara keseluruhan.

Tahun ini transaksi belanja pakai kartu debit Bank Permata diproyeksikan bakal menembus Rp 1,5 juta lebih.

"Tahun depan, kami targetkan bisa tumbuh 25 persen-30 persen dari tahun ini. Kami harap, sebagian kontribusinya bisa berasal dari belanja online," imbuh Bianto.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karel Adidjaja, Senior Vice President Head Liabilities Product Bank Permata menambahkan, pihaknya berharap sekitar 5 persen-10 persen transaksi belanja kartu debit Bank Permata saat ini bakal beralih ke transaksi online.

Tapi, kata Karel, tahun ini Bank Permata akan lebih agresif mengedukasi para nasabahnya untuk memperkenalkan layanan baru itu.

Yang jelas, Karel yakin, tren penggunaan kartu debit untuk belanja online akan semakin meningkat. "Apalagi, kartu debit kami bisa dibelanjakan ke banyak merchant online. Tapi, khusus promo, hanya ke merchant tertentu saja," kata Karel.

Karel juga bilang, pengadaan layanan terbaru ini tak cuma hanya memberi kemudahan saja. Intinya, kemudahan tersebut harus diimbangi dengan tingkat keamanan. Oleh karena itu, Karel menjelasan, Bank Permata menjamin transaksi nasabah melalui 3D Secure-Verified by Visa. (Issa Almawadi)



Sumber KONTAN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X