Produksi Minyak Mentah Pertamina Hanya 24 Persen dari Total secara Nasional

Kompas.com - 10/12/2015, 14:38 WIB
|
EditorErlangga Djumena
JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, produksi minyak mentah perseroan saat ini hanya 24 persen dari total secara nasional.

"Produksi minyak mentah national oil company negara lain bisa mencapai 79 persen," kata Dwi di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Atas dasar itu, Dwi menuturkan, perseroan perlu meningkatkan kegiatan di bisnis hulu. Akuisisi blok minyak di luar negeri merupakan salah satu cara meningkatkan produksi minyak. Salah satunya di Aljazair.

"Pertamina akan mengeluarkan 3 miliar dollar AS sampai 5 miliar dollar AS per tahun untuk peningkatan produksi minyak mentah," lanjut mantan bos PT Semen Indonesia (Persero) itu.

Pertamina sampai 2025 mendatang juga berencana mengalokasikan dana sebesar 30 miliar dollar AS.

Dwi mengatakan, produksi hulu migas tahun lalu mencapai 584.000 barrel setara minyak per hari, terdiri atas minyak mentah dan gas.

Sementara itu, pada saat rapat dengan Komisi VII DPR RI beberapa waktu lalu, Dwi menargetkan, produksi migas tahun ini mencapai 619.200 barrel setara minyak per hari, terdiri atas minyak mentah sebanyak 329.440 barrel per hari dan gas sebanyak 1,668 juta kaki kubik per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.