Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Rendah, Pertamina Akuisisi Lapangan Minyak

Kompas.com - 10/12/2015, 20:06 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah harga minyak dunia yang rendah, PT Pertamina (Persero) memanfaatkan peluang meningkatkan produksi minyak mentah, dengan cara mengakuisisi sejumlah lapangan minyak mancanegara. “Dari komisaris kan mendorong untuk melakukan akuisisi di luar karena produksi kita sangat jauh. Kita harus banyak ngambil, mumpung harga minyak masih rendah,” ucap Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam, ditemui di sela-sela Forum BUMN, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Salah satu incaran BUMN energi itu adalah lapangan minyak di Aljazair. Syamsu mengatakan, ada beberapa wilayah kerja yang rencananya akan dikembangkan bersama perusahaan migas nasional Aljazair, Sonatrach. “Bentuknya bisa tender biasa, bisa bukan tender,” lanjut Syamsu.

Syamsu menuturkan, pihak Pertamina akan memanfaatkan peluang ini. Apalagi rencana itu justru datang dari dorongan duta besar Aljazair. “Nanti Presiden juga mau ke Aljazair,” kata dia lagi.

Sementara itu, ketika ditanya perihal pendanaan untuk mengakuisisi blok di Aljazair, Direktur Keuangan Arief Budiman melalui Syamsu menyatakan kas internal Pertamina cukup kuat. “Skema pembiayaan bisa ditanya ke Pak Arief. Tapi Pak Arief sampaikan kas kita cukup,” kata dia.

Selain Aljazair, Pertamina juga tengah menunggu proses pencabutan sanksi Iran, sebelum investasi sektor hulu. Syamsu bilang, Pertamina juga siap dengan bentuk kontrak baru. “Karena ada skema baru, yaitu Iran Petroleum Contract. Mereka tadinya mau rilis di bulan November, tapi mundur ke bulan Februari kayaknya,” pungkas Syamsu.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto memaparkan produksi minyak mentah Pertamina hanya sebesar 24 persen dari total produksi minyak domestik. Angka ini terbilang kecil dibandingkan dengan NOC (National Oil Company) negara-negara lain yang produksi minyak mentahnya bisa mencapai 79 persen dari total.

Sonatrach adalah perusahaan eksplorasi perminyakan milik pemerintah Aljazair. Perusahaan yang didirikan pada Desember 1963 itu memunyai konsesi di berbagai negara misalnya di Libya, Mauritania, Peru, Yaman, dan Venezuela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com