Jelang Akhir Tahun, Deregulasi Ekonomi Belum 100 Persen Rampung

Kompas.com - 13/12/2015, 16:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorSabrina Asril
JAKARTA, KOMPAS.com - Peket deregulasi ekonomi yang dikeluarkan pemerintah sejak September 2015 lalu belum selesai sepenuhnya. Dari 165 deregulasi paket kebijakan 1-6, ada sekitar 30 deregulasi yang belum selesai.

Meski begitu, nenurut Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, deregulasi ekonomi sudah berjalan sesuai rencana. Sebab 135 deregulasi atau 83 persen sudah diterbitkan.

"Tapi keseluruhan itu tadi 83 persen sudah dijalankan, sudah dilaksanakan. Itu kemajuan yang sangat baik," ujar Teten di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Dia mengatakan, belum rampungnya deregulasi ekonomi bukan masalah, sebab masih ada waktu hingga 31 Desember 2015 nanti untuk merampungkan persolan itu.

Tenggat waktu itu ditentukan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian. (Baca: Mengurus Izin Investasi Tanah di Indonesia Cuma 15 Hari)

Hingga akhir tahun nanti, Teten berharap deregulasi ekonomi bisa rampung mencapai 100 persen.

Sebab tutur dia, pemerintah tahun depan akan kembali meluncurkan paket kebijakan baru. (Baca: Relaksasi Aturan Minuman Beralkohol Masih Terus Dikaji)

"Enggak masalah ini kan targetnya kan tahun ini selesai. Tahun depan paket-paket berikutnya dan kita ingin lihat dampak ekonominya," kata Teten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.