Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Deregulasi Ekonomi Belum 100 Persen Rampung

Kompas.com - 13/12/2015, 16:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peket deregulasi ekonomi yang dikeluarkan pemerintah sejak September 2015 lalu belum selesai sepenuhnya. Dari 165 deregulasi paket kebijakan 1-6, ada sekitar 30 deregulasi yang belum selesai.

Meski begitu, nenurut Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, deregulasi ekonomi sudah berjalan sesuai rencana. Sebab 135 deregulasi atau 83 persen sudah diterbitkan.

"Tapi keseluruhan itu tadi 83 persen sudah dijalankan, sudah dilaksanakan. Itu kemajuan yang sangat baik," ujar Teten di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Dia mengatakan, belum rampungnya deregulasi ekonomi bukan masalah, sebab masih ada waktu hingga 31 Desember 2015 nanti untuk merampungkan persolan itu.

Tenggat waktu itu ditentukan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian. (Baca: Mengurus Izin Investasi Tanah di Indonesia Cuma 15 Hari)

Hingga akhir tahun nanti, Teten berharap deregulasi ekonomi bisa rampung mencapai 100 persen.

Sebab tutur dia, pemerintah tahun depan akan kembali meluncurkan paket kebijakan baru. (Baca: Relaksasi Aturan Minuman Beralkohol Masih Terus Dikaji)

"Enggak masalah ini kan targetnya kan tahun ini selesai. Tahun depan paket-paket berikutnya dan kita ingin lihat dampak ekonominya," kata Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com